Minggu, 24 April 2011

Mengapa Ada Dehumanisasi Terjadi ?

Cinta, kasih sayang, kemesraan, pemujaan, belas kasihan merupakan bagian dari hidup manusia yang melekat kuat pada diri manusia. cinta yang terselimuti oleh nilai, norma dan agama maka akan menciptakan manusia yang homohumanus, manusia homohumanus tersebut meliputi:
  • manusiawi yaitu sikap yang menghargai manusia sebagai mahluk yang memiliki martabat tinggi dengan segala hak-haknya.
  • berbudaya yaitu perilakunya dituntun oleh akal budi sehingga mendatangkan kebahagiaan bagi dirinya dan lingkungan serta tidak bertentangan dengan kehendak Alloh. 
  • halus yaitu kehalusan-bertingkah laku perbuatan lemah lembut, sopan santun, budi bahasa dan beradab (akhlak).
       Antara Cinta dan nafsu dapat dibedakan berdasarkan atas sifatnya, yaitu:
  • cinta bersifat : manusiawi, rokhaniah (dorongannya halus) serta menunjukkan perilaku memberi
  • nafsu bersifat : jasmaniah, cenderung menuntut, cenderung memuaskan dorongan seksual serta dorongannya dilakukan dengan paksaan.  
        Mengapa ada Dehumanisasi????
       Menurut Dr. Sarlito W. Sarwono cinta yang ideal memiliki 3 unsur, yaitu :
  1. keterikatan (adanya perasaan untuk hanya bersama dia, segala prioritas untuk dia dan tidak mau pergi dengan orang lain, kalau janji dengan dia harus ditepati).
  2. keintiman (adanya kebiasaan-kebiasaan dan tingkah laku yang menunjukkan bahwa antara anda dengan dia sudah tidak ada jarak lagi),
  3. kemesraan (adanya rasa ingin dibelai/membelai, rasa kangen, adanaya ungkapan-ungkapan untuk mengungkapkan rasa kasih sayang dan seterusnya).
       Dehumanisasi terjadi karena terlepasnya selimut cinta (nilai, norma dan agama). Menurut Erich Fromm ada 4 syarat untuk mewujudkan cinta kasih, diantaranya :
  1. pengenalan
  2. tanggung jawab
  3. perhatian
  4. saling menghormati
       Bila salah satu dari 4 syarat tersebut hilang, maka akan terjadi dehumanisasi sebagai contohnya akibat dari cinta (unsur perhatian hilang) maka akan terjadi kesalahpahaman yang mengakibatkan terjadinya perselingkuhan dengan dalih dia sudah tak cinta lagi. selain itu, untuk menjaga keutuhan cinta tersebut, kitapun dituntut untuk:
  1. rasa tanggung jawab
  2. pengorbanan
  3. kejujuran
  4. saling percaya
  5. pengertian
  6. saling terbuka
       Bila salah satu dari unsur tersebut hilang, maka akan terjadi keretakan dalam cinta. Muara cinta adalah pernikahan yang menciptakan hubungan sosial luhur kearah perdamaian dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar